RSS

posisi sujud yang benar…



SUJUD

Ketika melaksanakan sujud, teman sebelahku tidak menempelkan dahinya ke tempat sujud, dan ternyata dia sedang sakit.
Dia sedang mendapat cobaan, matanya harus dioperasi, dan saran dokter agar tidak melakukan sujud untuk beberapa waktu, sebagai proses penyembuhan pasca operasi.
Alhamdulillah, aku bersyukur kehadirat-Nya, sampai detik ini bisa bersujud dengan nyaman & ni'mat kepada Yang Maha Suci dan Maha Agung.Terlebih bisa sujud (shalat) karena masih banyak teman2 kita yang belum tergerak untuk sujud (shalat) dalam rangka ketundukan kepada-Nya.
Terkadang kita tidak menyadari bahwa 'sujud' itu begitu ni'mat, bahkan banyak sekali 'faedah' dan advantagenya untuk kita.Antara lain, Sujud merupakan posisi terdekat seorang hamba dengan Rabb-nya ketika beribadah (shalat).

Rasulullah Shalallahu'alaihi was Salam bersabda : Jarak yang paling dekat antara seorang hamba dengan Rabb-nya adalah ketika sujud, maka dari itu perbanyaklah berdo'a. (HR. Muslim)
Dan menurut penelitian medis, posisi sujud adalah posisi yang akan berakibat baik untuk otak, karena cukupnya suplai darah ke otak.
Bersyukurlah bahwa sujud merupakan salah satu gerakan dalam aktifitas ibadah kita.

Anggota Sujud


 أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أُمِرْتُ أَنْ أَسْجُدَ عَلَى سَبْعَةِ أَعْظُمٍ الْجَبْهَةِ وَأَشَارَ بِيَدِهِ عَلَى أَنْفِهِ وَالْيَدَيْنِ وَالرِّجْلَيْنِ وَأَطْرَافِ الْقَدَمَيْنِ


"Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Aku diperintahkan untuk bersujud dengan tujuh tulang; Dahi – beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam mengisyaratkan dengan tangannya ke hidung- kedua telapak tangan, dua kaki dan ujung kedua telapak kaki" [Muttafaqun ‘Alaihi]

Sujud ketika Sakit


Sujud ketika Sakit

أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ r عَادَ مَرِيْضًا فَرَآهُ يُصَلِّي عَلَى وِسَادَةٍ فَأَخَذَهَا فَرَمَى بِهَا، فَأَخَذَ عُوْدًا لِيُصَلِّي عَلَيْهِ فَأَخَذَهُ فَرَمَى بِهِ، قَالَ: صَلِّ عَلَى الأَرْضِ إِنِ اسْتَطَعْتَ وَإِلاَّ فَأَوْمِ إِيْمَاءً وَاجْعَلْ سُجُوْدَكَ أَخْفَضَ مِنْ رُكُوْعِكَ

"Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menjenguk orang sakit, beliau melihatnya sedang mengerjakan shalat di atas (bertelekan) bantal, beliau q pun mengambil dan melemparnya. Kemudian ia mengambil kayu untuk dijadikan alas shalatnya, nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam pun mengambilnya dan melemparnya. Beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Shalatlah di atas tanah apabila engkau mampu dan bila tidak maka dengan isyarat dengan menunduk (al-Imâ`) dan jadikan sujudmu lebih rendah dari ruku’mu"

(HR al-Baihaqi dalam sunan al-Kubro 2/306 dan Syeikh al-Albani dalam Silsilah ash-Shohihah no. 323 menyatakan: Yang pasti bahwa hadits ini dengan kumpulnya jalan periwayatannya adalah shohih)

Semoga kita senantiasa diberi kesempatan & kemampuan untuk menjalankan peribadahan dengan baik & benar sesuai tuntunan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam.

Dan untuk sahabatku yang sedang sakit, semoga segera mendapat kesembuhan, Aaminn.. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: